Google VS China

Masalah apa sih? saya gk ngerti juga  sih tapi emang katanya gara penyensoran yg dilakukan pemerintahan china tapi disisi lain china merasa dirugikan karena ideologi tradisi entahlah.. ini ada berita dari Media Indonesia ceritanya sih mau cabut nih pak Google dari china.
SHANGHAI--MI: Mesin pencari internet terbesar di Negeri Paman Sam, Google, dikabarkan akan menutup bisnisnya di China pada bulan depan setelah adanya rentetan masalah terkait dengan peretasan dan penyensoran.

Seorang sumber sebuah agen periklanan yang bekerja sama dengan Google di Beijing mengatakan ancaman Google untuk meninggalkan China akan terealisasi pada 10 April mendatang. Namun belum jelas apakah Google akan menutup sebagian atau seluruh bisnisnya di Negeri Tirai Bambu itu.

Seorang staf Google yang namanya tak disebutkan mengutarakan perusahaan itu akan memberikan pengumuman pada Senin (22/3) mengenai detail penarikan perusaahaan itu dari China serta kompensasi bagi para karyawannya. Juru bicara Google di China, Marsha Wang, menyangkal adanya kabar tersebut seraya mengatakan belum ada keterangan terbaru mengenai situasi perusahaannya. Itu adalah laporan terkini dari beberapa indikasi yang menyebutkan adanya rencana bahwa Google berniat meninggalkan China yang merupakan negara dengan pengguna internet terbanyak yaitu 348 juta.

Sebelumnya, Google menyalahkan China atas serangan cyber terhadap akun Gmail milik beberapa aktivis hak asasi manusia. Masalah itu pun memicu adanya sengketa antara pemerintah China dan pemerintahan Presiden Barack Obama. Perselisihan itu bahkan memperparah ketegangan kedua negara dalam hal perdagangan dan diplomatik.

Pihak Beijing pun akhirnya memperketat kontrol terhadap konten internetnya dengan menerapkan sistem Great Firewall of China. Sistem itu akan menghapus secara otomatis informasi yang dinilai tak pantas dan berbahaya, seperti pornografi, bahkan materi politik yang sensitif. (Pri/CNA/OL-04)

Source : Media Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar