Jinak-Jinak Merpati

Dua kakak beradik, Dimas (Sophan Sophian), pelukis dan Anton (Fadly), kutu buku dan calon sarjana, jatuh cinta pada gadis yang sama, Amalia (Widyawati). Anton yang lebih dahulu pacaran dengan Amalia karena mereka teman kuliah . Sejak jumpa dengan Dimas ternyata Amalia lebih memilih Dimas karena merasa lebih cocok, Anton tentu marah hingga Dimas dan Amalia di sidang dalam keluarga.

Percekcokkan kakak adik berlangsung sampai pembantu rumah Pak Leman (Alam Surawidjaja), Dimas tahu dia bukanlah anak kandung karenanya dia pergi jadi anak kapal. Lama tak pulang. Anton membantu menikahi Amalia yang sudah hamil. Dua tahun kemudian, Amalia akan menjumpai Dimas di pelabuhan. Dalam pertemuan Anton dan Dimas yang sudah mulai pacaran dengan teman lamanya yang jadi penyanyi, maka Dimas berlarian menemui Amalia dan anaknya. Pertemuan nyaris berlangsung tapi Dimas tertimpa benda berat yang sedang diangkat kapal dan putus tali, ia meninggal.

Jinak-Jinak Merpati adalah film Indonesia yang yang dirilis pada tahun 1975 dengan disutradarai oleh Sophan Sophian. Film ini dibintangi antara lain oleh Sophan Sophiaan dan Widyawati.

Jinak-Jinak Merpati

Sutradara: Sophan Sophian
Produser: Washi Dipa
Penulis: Teguh Karya, Singgih Budiona
Pemeran: Sophan Sophiaan, Widyawati, Fadly, Alam Surawidjaja, Metry Wilda, Hanny Ray, Kusno, Sudjarwadi, Ade Irawan, Aminah Cendrakasih, Iwan Baskoro, Rommy, Fuad Rachman
Distributor: Dipa Jaya Film

sumber tulisan film jinak-jinak merpati http://id.wikipedia.org/wiki/Jinak-Jinak_Merpati

2 komentar:

  1. kang ,,,,,
    koment atuh ka blog didie ,,,
    supados aya perbaikan :D

    asa marales kang eung :D

    BalasHapus
  2. iya mang sarwo hehe
    tapi duh susah yah mw komen diblogna euy kudu pake code weh

    BalasHapus