Wisata Purwakarta

Purwakarta yah sebuah Kota atau Kabupaten yang berada di Jawa Barat dan pastinya Indonesia   dan Obyek Wisata Purwakarta juga patut di ketahui hehe.. yuk Oke Kota Purwakarta Punya Situ Buleud klo dalam bahasa Sunda tapi yah Indonesia raya mah Telaga Bundar/Bulet karena emang dari bentuknya kali yah tapi ini buatan yang mana dulu di dibangun oleh RA. Suriawinata sekitar tahun 1830 yooo.. pastina mah sekarang bisa buat santai dan klo hari hari tertentu ramai dan enak loh buat olah raga katanya hehe tapi diriku mah belum pernah soalnya jauh ke Kota maklum Purwakartanya di Pinggiran tapi tetap Wanayasa yes yes! mantap abiZzz..
Pariwisata di Purwakarta cukup lumayan banyak hahaha pokoknya banyak ajalah biar gak kalah ama kota lain hahaha, meskipun dikit tapi setidaknya yah bisa jadi informasi. Sedikit sedikit aja yah sory klo tidak pake Foto karena keterbatasan  

Waduk Jatiluhur

Jatiluhur adalah Tempat wisata di Purwakarta yang berupa waduk pembangkit listrik yang dulunya sungai Citarum. Jatiluhur disamping buat pembangkit listrik ternyata kita bisa menikmati suasana keindahan alamnya dan juga ada peternakan ikan berupa tambak, yang biasa oleh orang sana disebut Kolam Apung karena ikan tersebut di ternak di jaring yang terapung di air waduk Jatiluhur. Keindahan dan nuansa suasana Jatiluhur menarik para Wisatawan lokal biasanya lonjakan pengunjung akan sangat ramei ketika hari Raya Idul Fitri dan hari liburan sekolah atau kerja.

Obyek wisata Jatiluhur terletak 9 km dari kota Purwakarta, terkenal dengan Bendungan Ir. H. Juanda, dengan panorama danau yang luasnya 8.300 ha. Bendungan ini mulai dibangun sejak tahun 1957, dapat menampung tidak kurang 3 milyar3 air Sungai Citarum dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia.

Di dalamn Bendungan Ir. H. Juanda, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dan produksi tenaga listrik rata-rata 1000 juta kwh setiap tahun. Selain dari itu, memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budi daya perikanan dan pengendali banjir.
Selain berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperi hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya.

Di perairan Danau Jatiluhur ini juga terdapat Budi daya Ikan Keramba Jaring Apung, yang menjadi daya tarik tersendiri. Di waktu siang atau dalam keheningan malam kita dapat memancing penuh ketenangan sambil menikmati ikan bakar. Dikawasan ini pula kita dapat melihat Stasiun Satelit Bumi yang dikelola oleh PT. Indosat, sebagai alat komunikasi internasional. Jenis layanan yang disediakan antara lain international toll free service (ITFS), Indosat Calling Card (ICC), international direct dan lainnya. Terletak 7 km dari kota Purwakarta.
 
Waduk Cirata

Cirata, selain berpungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) danau yang berketinggian sekitar 223 meter di atas permukaan laut itu, dikelilingi bukit menjadikan keindahan alam yang sangat menarik.
PLTA Cirata merupakan Proyek Induk Pembangkit Hidro Jawa Barat (Pikitdro Jabar) yang dapat membangkitkan energi listrik rata-rata sebesar 1.426 juta kilowat/jam pertahun Bila melakukan perjalanan dari Kota Purwakarta melalui Plered, kita akan tiba di Cirata dalam waktu kurang lebih 40 menit. Dalam perjalanan itu, dapat dinikmati keindahan alam di sepanjang jalan Plered-Cirata.
Ke depan danau Cirata akan dikembangkan menjadi tempat educationol tourism bagi para pelajar dan mahasiswa dan sarana rekreasi, terutama rekreasi air seperti halnya Obyek Wisata Jatiluhur.

sumber: situs purwakarta internet
Ah Segitu saja hehe yang lainya silahken…. qwertyyyuioiyfdbcvxvmm…. Pariwisata Purwakarta

30 komentar:

  1. wanayasa sejuk banget udaranya

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas infonya. Saya akan berkunjung ke tempat tersebut kelak.

    BalasHapus
  3. urang ge orang wanayasa da :D

    BalasHapus
  4. Jiah hahahaha sandriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiis
    kAngen euy aquwww padamuuuuu :">

    BalasHapus
  5. wanayasa itu dmn sih :">

    BalasHapus
  6. yoyoy purwakarta gitu ,,, kota kelahiran saya ...

    BalasHapus
  7. keren banget waduk jatiluhur apa lg bendungannya

    BalasHapus
  8. purwakarta ayeuna ultah eunk....!!!!

    BalasHapus
  9. 20 Juli Kota Purwakarta Ulang Tahun selamat yah kotaku tercinta :* :*

    BalasHapus
  10. mani hayang pisan ka purwakarta geus sono tapi teu acan ayan waktu salam ti yogyakarta kanggo urang purwakarta

    BalasHapus
  11. Maen Dunk Ke Website Aku... http://www.forumpurwakarta.com/ hehe...

    BalasHapus
  12. thanks bro for this information, visit back to download ebook gratis, please =p

    BalasHapus
  13. Tulung Gabung di http://wanayasa.forumid.net
    ok ok oke hehehe hidup wanayasa :P

    BalasHapus
  14. situ buleud mah emang seru buat olahraga,, hehe gw dulu sering soalnya..
    tp skarang jarang main ke purwakarta,,
    ada info soal penginapan2 murah ga sie di pwk?
    thanks

    BalasHapus
  15. Ada mbak malah bisa gratis hehehe.. dit4 temennya wekeke
    wah mbak saya tak tau yah klo harga penginapan murah abis gk pernah nginap :( soalna gk pernah menginap bayar hehe

    coba cek disini http://ddndz.blogspot.com/2010/08/hotel-di-purwakarta.html

    BalasHapus
  16. aku pernah ke waduk jatiluhur, tapi ternyata saat malam hari kok banyak yang nawarin anu ya ...???

    BalasHapus
  17. wanayasa temmpat nya aik uyy..
    gw pnya sodara disana tepatnya di cikubang,,
    situ wanayasa juga keren gan..
    btw itu org mana gtu..?

    BalasHapus
  18. curug cijalu nelum termasuk kedalam blognya gan..?
    seru tuh ke curug cijalu...
    indah pemandangannya

    BalasHapus
  19. gw orang ds. simpang - wanayasa - purwakarta yang mau ke arah bojong...

    klo cijalu sih klo soal wilayah dia tuh masuk bandung utara tapi yah emang deket dgn kawasan wisata purwakarta :D

    BalasHapus
  20. hary sabtono : Mau nanya penginapan yang murah dekat Masjid Agung Purwakarta ada yang tau ngga klo ada tolong info kan di alamat e-mail saya di harysabtono@yahoo.com atau harysabtono@gmail.com ...tolong infox ya!!!!!......

    BalasHapus
  21. whahahaha, waduhhhhh ......
    ko sayang ya cuma segitu yang di bahas, padahal masih banyak lagii wisata di daerah purwakarta, selain wanayasa, jatiluhur, atau cirata, ada juga babakan cikao (curug) :D
    masih banyak juga selain daerah" yang tadi di sebutkan gan ... :D

    BalasHapus
  22. masuk sene gan :) PUrwakarta juga

    BalasHapus
  23. kalo penginapan yg murah sekitar situ buleud ad gk y..?
    cuma 2 hari palingan..

    BalasHapus
  24. Waduk Jatiluhr memiliki manfaat yang banyak, tidak hanya untuk pembangkit listrik namun manfat-manfaat lainnya \pun dirasakan masyarakat sekitar dan yang lainny, salah satunya adalah sebagai objek wisata yang memikalt

    BalasHapus
  25. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. terima kasih banyak atas beritanya.

    BalasHapus