Install Sjboy Java Emulator di Ubuntu

/hmm gw jadi mengulang deh padahal di blog gw yang di kafein4u wp.com gw sudah pernah tulis tapi karena disini gw sih pengen memperjelas haha :D dan juga nambahin jumlah artikel di blog yang ini gw tulis kemabli deh mudah2an lebih jelas dipahami oleh si pembaca itupun klo ada yang baca :P wkkk!
Andakata mau lihat catatan gw tentang Sjboy Linux dulu ini gw praktekin waktu pake linux mint tapi karena saya beralih menggunkan Ubuntu jadi ya praktek! ya di kompi sendirilah :D Oke!

Sjboy ini adalah aplikasi atau software atau apalah gw kurang tau istilah bahasa yang bener haha yang penting kita sama2 ngerti aja yeh! :P nah si Sjboy ini seharusnya jalannya di windows punya om Bil :) tapi tenang aja ini aplikasi freeware jadi tak takut tuh pake barang bajakan gaga! oleh karena itu kita akan maksa tuh Sjboy biar jalan di Ubuntu, caranya ya! pake WINE.
Wine merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk membuat agar sistem operasi bertipe Unix (Unix-like) dan sistem X-Windows yang berjalan pada suatu komputer pribadi dapat menjalankan program yang khusus dibuat untuk Microsoft Windows. Alternatifnya, mereka yang ingin melakukan pemangkalan (porting) suatu aplikasi Windows ke sistem Unix-like dapat melakukan kompilasi melalui pustaka Wine dalam bentuk Winelib.
Nama "Wine" merupakan akronim dari Wine Is Not An Emulator (Wine bukanlah emulator) dan kadang disebut juga sebagai Windows Emulator. Walaupun nama ini juga muncul dalam bentuk "WINE" dan "wine", pengembang proyek ini telah menyepakati untuk melakukan standardisasi nama dan menyebutnya sebagai "Wine".
Wine adalah perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah lisensi GNU Lesser General Public License (LGPL). Proyek Wine pada mulanya merilis Wine di bawah lisensi MIT sama seperti sistem X-Windows, tetapi pada Maret 2002 menggunakan LGPL sebagai lisensinya.
Sumber: Wikipedia
Cara Install Wine klo dari terminal cukup dengan buka terminal tapi yang pasti kudu tuh memang menyebalkan hahaha :( kudu terkoneksi Internet.
sudo apt-get install wine
Nah klo pengen Offline alias bisa Install offline dan tidak perlu koneksi Internet, download aja file deb dari mana tuh nih klik aja [Disini..]
Kembali ke Sjboy Emulator Java gitu katanya :P silahkan Download. Klo di tempat gw selesai Install muncul di desktop buat diklik sjboynya dan automatic membuka sjboy buat ol mig33 chatting :) klo misalkan gk ada atu gimanalah haha, bikin aja di Edit menu biar muncul di Applications terus klik kanan deh mouse ato apa yah! klo tengtop? gtw ah itu aja kli yah hehe. Ini ada gambar coba lihat deh biar lw bisa masukin ke Menu Applications.

Isi Command:
env WINEPREFIX="/home/k4u/.wine" wine "C:\Program Files\brainchild\Sjboy Extreme\sjboy-ex.exe" "C:\Program Files\brainchild\Sjboy Extreme\mig33 beta.jar" Nokia6600
k4u itu ganti aja sesuai dengan kompi anda! dan yang mig33 beta.jar itu ya Aplikasi hp yang mau di buka pastinya. Jadi kudu di inget deh Sjboy itu buat ngebuka Aplikasi java yang di hp itu loh dan dengan bantuinnya si bang sjboy ini kita bisa! tuh :) saya rasa sudah ah cape binun juga mau ngetiknya.
  • Hatur Nuhun :) yang sudah baca! oh iya! saya cuman nulis aja bukan berarti saya ngerti banget ya segitu saja yg saya tau, mohon bimbingannya pengguna baru Ubuntu nih /hmm

2 komentar:

  1. dedeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnn!!!
    kumaha install sjboy na?
    lieur eung, teu bisa wae

    di double klik teh file sjboy na kaluar kieu geura:

    The file '/home/ghie/Downloads/SjboyExtreme.exe' is not marked as executable. If this was downloaded or copied form an untrusted source, it may be dangerous to run. For more details, read about the executable bit.

    jadi kumah install na???

    nuhuuuuuuuuuuuuuuuuuunnnnn

    BalasHapus
  2. Bisa ketang den, ternyata execute permission na can di centang dina propertiesna....
    hajuh... maklum, nyubi di dunia Ubuntu...
    Nuhun kang Dedeeeeeeeeeeeng.... :D

    BalasHapus